Rabu, 01 April 2015

Rawon Rosobo Mojoagung Jombang


Rawon adalah makanan khas jawa banget, terutama jawa timur jawa tengah banyak kita jumpai warung ato resto rawon yang tentunya dengan cita rasa yang berbeda. Namun kalo tanya soal Rawon di Mojoagung Jombang pasti yang disebut RAWON ROSOBO.

Depot Rawon Rosobo ini sudah ada sejak jaman saya masih kecil mungkin sudah ada sejak tahun 1980an. Dulu biasanya kalo lebaran makanan favoritnya ya ‘andok’ di depot ROSOBO ini, sebenarnya jualannya bukan hanya rawon, ada juga sate gule, nasi rames / nasi campur.

Warungnya sederhana, ga terlalu luas, tapi selalu rame orang ngantri makan. Dari luar warungnya ga menarik, tapi pas nyicipin rawonnya yaampun… MAKNYOS POLL! Koq ada rawon uenak buangeet! Tenane! Kuahnya gurih, rasa keluweknya manteb, porsinya gede ada nasi, kecambah, sambel, sama tiga potong daging rawon yang super empuk karena dibikin gepuk. Daaan.. harganya cuma Rp. 25.000 sajah sodara-sodara! Nambah kerupuk sama es teh manis ga sampe 30rb Untuk ukuran rawon seenak ini dan porsinya sebanyak ini, harganya murah banget! Kalo di Bandung ato Jakarta, mungkin seporsi bisa 40-50rb kali. Konon, saking ramenya, dalam sehari warung ini harus motong dua ekor sapi buat daging rawon. Gile, jadi berapa porsi rawon tuh yang dijual dalam sehari.

Cak Kaji Qodir, biasa saya menyapa pengusaha sukses dibidang kuliner di mojoagung ini. Beliau merintis usahanya tersebut sejak tahun 1980an. Modal yang beliau kumpulkan berasal dari tabungannya sendiri sebesar 300 ribu pada waktu itu. awalnya beliau berjualan di depan rumahnya dengan tempat seadanya dan menu yang disajikan pun waktu itu adalah sate ayam dan kambing serta nasi rawon. Seiring berjalannya waktu usaha yang dijalani akhirnya membuahkan hasil hingga seperti sekarang ini. Meski pun sempat berpindah – pindah lokasi, kini beliau akhirnya membangun depotnya sendiri di samping rumahnya. Lokasi tepatnya ada di desa kademangan sebelah timur alun-alun (pasar lama) mojoagung Kab. Jombang.

 Sekarang beliau sudah memiliki sekitar 15 orang pegawai. Depot Rosobo buka mulai jam 8 pagi smpai jam 8 malam. Menu yang paling digemari pelanggannya adalah nasi rawon rosobo dan nasi rames rosobo. Harga per porsinya 25ribu. hampir setiap hari depot ini selalu rame pembeli. Omset yang di dapat sekitar 30juta perhari. kendala yang dihadapi adalah harga daging yang selalu naik sehingga mau tidak mau harga makanan yang di jual juga ikut naik untuk tetap menjaga kualitasnya. beliau memiliki 5 orang anak dan semuanya sudah berkeluarga sendiri – sendiri. harapanya adalah bisa membuka beberapa cabang lagi.

Dengan omset yang lumayan itu,Pantas Cak Kaji bisa ngajak karyawannya naik haji/umrah tiap tahun. Selain rawon ada juga nasi rames, sama-sama enak dan porsinya nampol! Tapi orang emang prefer makan rawon kalo mampir kesini. Buat yang lagi di Jombang ato Mojokerto wajib mampir nyicip rawon di Rosobo di timur alun2 Mojoagung :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar