Rabu, 29 Juli 2015

Nasi Goreng MITRO Mojoagung Jombang

Indonesian food yang dikenal orang bule salah satunya adalah NASGOR ato Nasi Goreng, ini kata orang Bule Indonesia banget. Saya kalo pulang ke Mojoagung Jombang gak bakal kelewat yang namanya ‘Andok’ ato makan di warung Nasi Goreng MITRO.  Nasi Gorengnya khas banget tidak banyak porsinya tapi mantap. Disamping Nasi goreng, Mie Kuah dan Mie Gorengnya juga ciamik banget bumbu sederhananya terasa. Cara masaknya tidak pakai kompor tapi pake arang dan dikipas secara manual bukan pake kipas angin.


Depot MITRO ini sudah ada sejak jaman saya masih kecil, suka diajak ortu makan bareng ke warung MITRO ini, kala itu sudah sesuatu yang mewah buat keluarga saya buat sekedar makan nasi goreng MITRO, mungkin sudah ada sejak tahun 1970an. Pemiliknya Abah Mitro begitu sapaan saya ke pemilik warung ini, beliau temen deket Almarhum Abah saya. Asal Solo dan karyawannya sekarang juga banyak orang solo, makanya tidak heran kalu mie kuahnya mirip MIE KUAH JOGJA.


Warung ini buka dimalam hari dari jam 6 petang atau selepas maghrib, Warungnya sederhana, ga terlalu luas, tapi selalu rame orang ngantri makan. Kebetulan warung ini ada dijalur jalan provinsi Jombang – Surabaya sehingga banyak juga langganan dari luar kota yang mampir ke warung ini. Harganya cukup murah, satu porsi hanya Rp. 12.000 kalo tambah krupuk sama es teh manis cukuplah dengan 15ribuan. Sungguh murah untuk masakan yang luar biasa ini.

 Sekitar tahun 70an warung ini berada di selatan pasar Mojoagung yang sekarang menjadi Alun-alun Mojoagung. Warung nya masih persis seperti yang sekarang ini.. Beliau merintis usahanya tersebut sejak tahun 1970an beserta Istri. Kalau pagi Istri beliau buka makanan rawon dan pecel meskipun tidak terlalu dikenal tetapi masakannya cukup mantap juga. Sedangkan kalau malam jualan Nasi goreng, mie kuah, mie goreng yang khas ala MITRO.

Pegawainya tidak banyak hanya 4 orang, bagian masak, bagian kipas tungku arang, bagian saji makanan dan saji minuman. Kalau beruntung kita bisa menikmati sajian masakan yang dimasak oleh Abah Mitro sendiri yang tentunya lebih master dan lebih mantap. Sekarang Beliau sudah berumur 70 tahun lebih tetapi masih aktif ikut diwarung baik masak langsung atau ikut kipas tungku arang.



Uniknya sekali masak bisa membuat 20 porsi nasi goreng tapi rasanya tidak berubah. Ini sekedar referensi kalau pas lagi di Jombang ato perjalanan ke Surabaya dari Jombang bisa mampir ke sini rasakan sensasi nasi goreng ala Mitro, Jalan raya mojoagung di barat alun alun Mojoagung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar